Kerja dikapal pesiar.

Pelaut Kapal Pesiar.

Mau jadi Pelaut ? Kapal pesiar atau kapal barang ? bayangan orang pada umumnya lebih enak dikapal pesiar, benarkah? Ada benarnya memang walau sambil kerja kita bisa melihat lihat tempat wisata yang disinggahi dan biasanya tidak terlalu lama berada dilaut. Di sisi lainnya jumlah kru yang ratusan terdiri dari beragam bangsa membuat suasana kerja tidak begitu menjemukan sosialisasi antar kru membuat kita seperti hidup didarat karena banyaknya orang orang disekitar kita tidak seperti halnya dikapal barang jumlah kru yang sedikit,terkadang begitu lama dilaut tergantung jarak tujuannya.
Jadi pelaut kapal pesiar ? susah nggak? bayarnya berapa? agennya dimana? nunggunya berapa lama? syaratnya apa aja? kerjanya apa? Dan berbagai bermacam pertanyaan lainnya mengisi pikiran semua orang yang menginginkan bekerja dikapal pesiar.
Baiklah pertama kita mengenal dulu organisasi yang ada dikapal pesiar kapal pesiar dibawah komando Nahkoda/Master yang bertanggungjawab penuh atas kapal. Biasanya ada tiga departemen yaitu :
1. Deck departemen yang dikepalai oleh Chief Officer yang membawahi First Officer, Second Officer,Third Officer, Fourth Officer,Security Officer,IT Officer juga Cadet Officer. Boatswain yang menjadi kepala kerja harian abk dek, deck store keeper, quartermaster,ab dan os.
2. Engine departemen dikepalai Chief enginer yang membawahi Second Engineer,Third Engineer, Fourth Engineer, Electrician, Plumber, Carpenter, Upholster, Engine store keeper, Engine foreman kepala kerja harian abk mesin , oiler dan wiper.
3. Hotel Departemen dikepalai oleh Hotel Manager yang membawahi Culinary/ Food & Beverage Manager, Restaurant Manager, Bar Manager, Chief Cook, Chief Housekepeer, Purser, Cruise Director, Salon Manager, Stage Manager, Shop Manager,Supervisor, Tailor, Restaurant Steward,Cabin Steward, Wine Steward, Chef dan Cook.
Pilih kerja didepartemen apa? Deck,Engine atau Hotel ?
1. Deck departemen tugas umumnya adalah perawatan kapal ,untuk tingkatan Officer adalah navigasi jaga laut, perawatan alat alat keselamatan dan alat alat navigasi. Tingkatan Petty Officer/ Boatswain menjadi kepala kerja harian yang memimpin abk dek Ab dan Os yang melakukan tugas perawatan harian kapal, stand by muka – belakang.
Untuk menjadi Deck Officer harus memiliki Certificate of Competency , Class I,II,III serta sertifikat pelengkap lainnya yaitu BST,SCRB,AFF,MFA,MC,Radar/Arpa Simulator, Crowd/Crisis Management,GMDSS,GOC,SSO.
Petty Officer biasanya diangkat dari rating yang sudah berpengalaman dan menguasai pekerjaan harian tentunya.
Rating, abk harian deck biasanya orang yang tidak memiliki COC Class I,II,atau III dan untuk baru pertama kali bekerja di kapal pesiar biasanya ditempatkan pada posisi ini.
2. Engine departemen tugas umumnya melakukan perawatan mesin mesin kapal, tingkatan Engineer melakukan jaga mesin baik selama dilaut maupun saat kapal sedang sandar ,mengawasi bunker/pengisian bahan bakar. Engine Petty Officer/ Foreman memimpin kerja harian abk mesin oiler dan wiper melakukan perawatan mesin mesin kapal.
Untuk menjadi Engineer Harus memiliki Certificate Of Competency Class I,II,III, serta sertifikat pelengkap lainnya diantaranya BST,SCRB, AFF,MFA, MC,Crowd/Crisis Management.
Petty Officer biasanya diangkat dari abk mesin yang berpengalaman serta menguasai kerja harian mesin.
Engine rating, abk harian mesin biasanya orang yang tidak memiliki COC Class I,II,atau III dan untuk baru pertama kali bekerja di kapal pesiar biasanya ditempatkan pada posisi ini.

Untuk hotel departemen akan dilanjutkan pada posting berikutnya .

Tidak ada komentar: