Hotel departemen Kapal Pesiar

Hotel departemen sebuah kapal pesiar terdiri dari beberapa bagian :
1. Food and Beverage Departemen dikepalai oleh Food and Beverage Manager. Yang menangani makanan serta minuman, dari pengorderan bahan makanan serta minuman, penerimaan dikapal serta penyimpanan diruang ruang khusus tergantung dari jenis bahannya yang memerlukan suhu tertentu yang ditangani Provision Master yang dibantu Hotel Storekeeper beserta stafnya dan diawasi oleh Controller dan stafnya yang melakukan pengecekan jumlah barang yang diterima dan barang yang masih tersedia untuk dibuatkan laporannya. Selanjutnya untuk pengolahan makanan dilakukan oleh para Chef , Cook dan Assisten Cook . Bahan makanan diambil dari storeroom kemudian diolah di Main Kitchen disesuaikan menu untuk hari itu dari appetizer,soup,salad, main course, desert. Semua kegiatan dimain kitchen diawasi oleh Executive Chef/ Chief Cook dari kebersihan dapur,alat alat memasak dan pengolahan bahan makanan. Untuk penyajian makanan baik itu untuk breakfast, lunch ataupun dinner ditangani oleh restaurant steward. Para restaurant steward ini mengambil makanan yang dipesan para tamu ke main kitchen untuk kemudian disajikan, kegiatan dimain kitchen dan restaurant sangat sibuk tapi mereka sangat bersemangat sebab ini merupakan salahsatu servis yang akan menentukan kepuasan para tamu karena pada akhir cruise biasanya akan diberikan form yang akan diisi para tamu diantaranya menanyakan servis direstaurant dan akan sangat berpengaruh terhadap kondit para steward. Kegiatan direstaurant ini menjadi tanggung jawab Restaurant Manager yang dibantu assistennya serta supervisor yang mengatur para steward. Setelah kegiatan direstaurant selesai tentulah banyak piring piring kotor, gelas, pisau, sendok, garpu yang kemudian menjadi tugas dishwasher membersihkan semua peralatan tersebut. Kemana sisa sisa makanan dibawa ? sisa sisa makanan dibawa keruang waste management area untuk dimasukkan kemesin yang dinamakan somat sisa sisa makanan ini dihancurkan menjadi partikel partikel yang halus.
Para penumpang juga dapat memesan makanan untuk dimakan distateroomnya yang akan diantar oleh room service attendant yang bertugas selama 24 jam. Bagaiman kegiatan diBar ? Bar dikapal pesiar mempunyai jam buka tertentu. Bartender melayani pesanan minuman para penumpang keterampilan mereka dalam menyajikan minuman special racikannya akan menjadikan nilai tambah. Bar Manager bertanggungjawab atas beberapa bar yang ada dikapal yang dibantu Cellar Master,Bartender,serta Wine Steward.

2. Housekeeping Departemen yang dipimpin oleh Chief Housekeeper . Yang bertugas mempersiapkan serta menjaga kebersihan stateroom para penumpang juga indoor public area yang dibantu oleh Assisten,Supervisor ,Cabin Steward dan Staf Housekeeping. Cabin Steward bertanggung jawab mempersiapkan ruang istirahat/ stateroom dan membersihkannya, mereka bekerja pada pagi dan sore hari menangani beberapa stateroom. Untuk kebersihan indoor public area dilakukan staf housekeeping yang diawasi oleh supervisornya.
Bagaimana penumpang mencuci pakaiannya? Dikapal disediakan public laundry dimana penumpang dapat mencuci pakaiannya dengan mesin cuci yang menggunakan beberapa uang coin. Selain itu ada juga laundry yang dilakukan oleh kru kapal, penumpang memisahkan pakaian yang akan dicuci kedalam laundry bag yang kemudian oleh cabin stewardnya dibawa ke main laundry oleh staf laundry didata kemudian dimasukkan kedalam mesin cuci atau di dry clean kegiatan disini diawasi oleh Laundry Master.
Bagaiman uniform buat kru ? ini adalah tugas dari Tailor ada beberapa seragam yang dibuat dikapal ada juga yang sudah jadi umumnya kru yang baru join kekapal akan menemui tailor untuk mengambil kelengkapan seragam yang diperlukan.
Untuk posting berikutnya akan membahas Entertainment dikapal pesiar.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih gan atas infonya. menambah pengetahuan gua.